
BEST PRACTICE PENYIAPAN AKREDITASI KLINIK
TANTANGAN KLINIK:
- DANA TIDAK CUKUP
- KURANG ILMUNYA
- KURANG TENAGA
- TIDAK PUNYA Apt, D3 Analis, D3 RM
- TIDAK ADA/KURANG DUKUNGAN DARI PEMILIK
- Malas
KEKUATAN:
- Sudah banyak dokumen akreditasi Puskesmas yang beredar
- Banyak pelatihan-pelatihan akreditasi FKTP, termasuk kegiatan
pembinaan yang dilakukan Dinas Kesehatan - Sudah banyak buku-buku/PPT tentang mutu pelayanan yang beredar
- Bisa benchmark ke Puskesmas yang sudah terakreditasi utama atau
Paripurna - Penggunaan uang klinik lebih fleksibel (kewenangan penuh di pimpinan
klinik, tidak ada KPK) - REGULASI BAHWA AKREDITASI SEBAGAI SYARAT UNTUK PERPANJANGAN
KERJASAMA BPJS
Strategi yang disarankan (berdasarkan pengalaman baik buruk yang dilalui klinik Firdaus):
- KOMITMEN dan TARGET harus diperjuangkan oleh Pimpinan Klinik,
- Rapat manajemen setiap hari selasa, (terjadwal jaga manajemen) (di SK kan).
- Rapat seluruh staf klinik hari libur klinik: minggu 1x sebulan.
- Tetapkan indikator mutu dan inidikator mutu klinis sejak awal.
- Rajin buat kegiatan inhouse training
Strategi yang disarankan (berdasarkan pengalaman baik buruk yang dilalui klinik Firdaus)
- Reward harus adil : finansial dan non
finansial . Finansial : lembur, bonus
penyiapan dokumen akreditasi berdasarkan
poin yang dibuat oleh Ketua pokja - Buat struktur organisasi sesuai kebutuhan klinik (ndak
usah tiru-tiru yang lain) - Membuat indikator kinerja karyawan : dikaitkan dengan
kebutuhan akreditasi dan Budaya Organisasi - Ada buku khusus presensi rapat-inhouse training yang
lengkap dengan agenda rapat, dan notulen rapat diprint
IN HOUSE TRAINING TERKAIT DENGAN AKREDITASI:
1. Standar akreditasi (3x)
2. Prinsip PDCA (1x)
3. Teknik pembuatan SOP dan SK (2x)
4. Patient safety : (banyak>>)
1. Macam-macam insiden KP dan Teknik grading
2. Cara melakukan analisis penyebab masalah (teori dan praktek)
3. Cara melakukan RCA (teori dan praktek)
4. Melakukan HFMEA (2 mg)
5. Hand hygiene (jangan lupa non medis banyak dilatih)
6. Medication safety
5. Simulasi bencana (2x) teori dan praktek : kerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran
BANNER/ POSTER YANG HARUS ADA DI DEPAN
1. Alur pendaftaran
2. Alur Pelayanan Pasien
3. Hak dan Kewajiban Pasien
4. Jenis pelayanan
5. Jadwal Pelayanan
6. Denah Bangunan
7. Tanda ruangan
Leave a Reply