Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning Pengalaman persiapan Akreditasi Klinik Firdaus – Arlina Dewi Blog

Pengalaman persiapan Akreditasi Klinik Firdaus

BEST PRACTICE PENYIAPAN AKREDITASI KLINIK

TANTANGAN KLINIK:

  1. DANA TIDAK CUKUP
  2. KURANG ILMUNYA
  3. KURANG TENAGA
  4. TIDAK PUNYA Apt, D3 Analis, D3 RM
  5. TIDAK ADA/KURANG DUKUNGAN DARI PEMILIK
  6. Malas

KEKUATAN:

  1. Sudah banyak dokumen akreditasi Puskesmas yang beredar
  2. Banyak pelatihan-pelatihan akreditasi FKTP, termasuk kegiatan
    pembinaan yang dilakukan Dinas Kesehatan
  3. Sudah banyak buku-buku/PPT tentang mutu pelayanan yang beredar
  4. Bisa benchmark ke Puskesmas yang sudah terakreditasi utama atau
    Paripurna
  5. Penggunaan uang klinik lebih fleksibel (kewenangan penuh di pimpinan
    klinik, tidak ada KPK)
  6. REGULASI BAHWA AKREDITASI SEBAGAI SYARAT UNTUK PERPANJANGAN
    KERJASAMA BPJS

Strategi yang disarankan (berdasarkan pengalaman baik buruk yang dilalui klinik Firdaus):

  1. KOMITMEN dan TARGET harus diperjuangkan oleh Pimpinan Klinik,
  2. Rapat manajemen setiap hari selasa, (terjadwal jaga manajemen) (di SK kan).
  3. Rapat seluruh staf klinik hari libur klinik: minggu 1x sebulan.
  4. Tetapkan indikator mutu dan inidikator mutu klinis sejak awal.
  5. Rajin buat kegiatan inhouse training

Strategi yang disarankan (berdasarkan pengalaman baik buruk yang dilalui klinik Firdaus)

  • Reward harus adil : finansial dan non
    finansial . Finansial : lembur, bonus
    penyiapan dokumen akreditasi berdasarkan
    poin yang dibuat oleh Ketua pokja
  • Buat struktur organisasi sesuai kebutuhan klinik (ndak
    usah tiru-tiru yang lain)
  • Membuat indikator kinerja karyawan : dikaitkan dengan
    kebutuhan akreditasi dan Budaya Organisasi
  • Ada buku khusus presensi rapat-inhouse training yang
    lengkap dengan agenda rapat, dan notulen rapat diprint

IN HOUSE TRAINING TERKAIT DENGAN AKREDITASI:

1. Standar akreditasi (3x)
2. Prinsip PDCA (1x)
3. Teknik pembuatan SOP dan SK (2x)
4. Patient safety : (banyak>>)
1. Macam-macam insiden KP dan Teknik grading
2. Cara melakukan analisis penyebab masalah (teori dan praktek)
3. Cara melakukan RCA (teori dan praktek)
4. Melakukan HFMEA (2 mg)
5. Hand hygiene (jangan lupa non medis banyak dilatih)
6. Medication safety
5. Simulasi bencana (2x) teori dan praktek : kerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran

BANNER/ POSTER YANG HARUS ADA DI DEPAN
1. Alur pendaftaran
2. Alur Pelayanan Pasien
3. Hak dan Kewajiban Pasien
4. Jenis pelayanan
5. Jadwal Pelayanan
6. Denah Bangunan
7. Tanda ruangan

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*