Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning FEASIBILITY STUDY KLINIK ( Bagian 2) – Arlina Dewi Blog

FEASIBILITY STUDY KLINIK ( Bagian 2)

Persiapan

Persiapan pada Penyusunan Studi Kelayakan (Feasibility Study) adalah tahapan melakukan kompilasi data dari seluruh data yang didapat dari hasil pengumpulan data yang terdiri dari data primer dan data sekunder.

  1. Pengumpulan Data Primer

Pengumpulan Data Primer, dapat dilakukan dengan melalui proses Pengamatan atau Observasi langsung / Pengamatan atau Observasi Lapangan sehingga akan didapat seluruh Informasi atau Data secara visual pada wilayah Perencanaan. Pengumpulan Data Primer dapat pula dilakukan dengan cara Wawancara kepada instansi-instansi dan pihak-pihak lain yang berkaitan dengan pekerjaan penyusunan ini dan atau dengan langsung kepada masyarakat umum selaku salah satu Pelanggan dari Rumah Sakit. Sifat wawancara bersifat terbuka artinya pengambilan data tidak terpatok pada kuesioner namun dapat dikembangkan secara lisan dengan responden. Secara garis besar data yang didapat dari pengumpulan data primer adalah kondisi potensi lahan/ lokasi dan informasi langsung lainnya yang terkait dengan Kondisi dan Potensi yang ada terkait dengan Standar/ Pedoman dan Ketentuan yang berlaku serta sasaran dari rencana pembangunan/ pengembangan Rumah Sakit serta informasi.

  1. Pengumpulan Data Sekunder

Pengambilan Data Sekunder, dapat dilakukan dengan menandatangi pula masing-masing instansi lainnya yang berkaitan sesuai dengan data yang dibutuhkan dalam pekerjaan penyusunan ini. Jika pada salah satu instansi ternyata Data tidak dipunyai atau sedang dalam proses pembuatan, maka konsultan dapat mencari pada instansi lain yang terkait sesuai dengan kebutuhan data atau mencarinya pada Literatur mengenai KeRumah Sakitan lainnya. Untuk melaksanakan pekerjaan ini diperlukan Data Internal dari rumah sakit yang ada dan rumah sakit di wilayah sekitarnya, yang terdiri dari :

  1. Data Kesehatan pada Rumah Sakit
  2. Data Lokasi
  3. Data Finansial/Keuangan
  4. Data Luar/ Data Eksternal Rumah Sakit dan Lingkungan:
  5. Data Kesehatan
  6. Data keadaan Lingkungan sekitar
  7. Data kesehatan Kota/Kabupaten
  8. Data Kebijakan, Pedoman dan Peraturan Pemerintah
  9. Data Demografi
  10. Data Sosial dan Budaya
  11. Data Ekonomi

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*