Mohon untuk tidak mengupload file materi perkuliahan yang berbentuk pdf, ppt, doc, xls ke Blog Staff UMY -- Silahkan upload file-file tersebut ke E-Learning ELASTISITAS PERMINTAAN PELAYANAN KESEHATAN (Bagian 1) – Arlina Dewi Blog

ELASTISITAS PERMINTAAN PELAYANAN KESEHATAN (Bagian 1)

Kesehatan  sebenarnya bukanlah barang dalam pengertian ekonomi, sebab kesehatan tidak diperjualbelikan, tetapi perawatan kesehatanlah yang dperjualbelikan (1). Menurut Lee (2), demand dalam pelayanan kesehatan lebih komplek daripada demand barang karena :

  1. Harga pelayanan sering tergantung dari cakupan asuransi. Asuransi memiliki pengaruh yang besar pada demand dan membuat analisis menjadi kompleks;
  2. Keputusan perawatankesehatanbiasanyacukup Karena konsumenakan lebih memilih untukmenjadi sehatdengan tidakmenggunakanpelayanan medis,  dan outcome pelayanan yang tidak pasti;
  3. Konsumen pelayanan kesehatan biasanya kurang memiliki informasi yang cukup antara biaya dan pelayanan yang didapat;
  4. Ketidakpahaman kosumen kesehatan akan menghasilkan pengaruh yang signifikan pada demand. Konsumen sering membutuhkan nasehat dari profesional,  dan kadang-kadang keputusan profesional mempengaruhi keputusan mereka.

 

  1. Jacobs P, Rapoport J. The Economics of Health ad Medical Care. Fifth ed. London: Jones and Bartlett Publishers; 2002.
  2. Lee RH. Economics for Healthcare Managers. Second ed. Chicago: AUPHA; 2009.

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*